Kegiatan Perdana LAKARA 1.0: Kuliah Umum dan Penganugerahan Top Notch Ribbon

Prodi Arsitektur Universitas Mulawarman menyelenggarakan LAKARA 1.0 yang terdiri dari Kuliah Umum bertajuk Mempersiapkan Arsitek Masa Depan: Keprofesian dan Entrepreneurship dan Penganugerahan Topt Notch Ribbon periode semester gasal 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Gedung Hexagon Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.


Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Unmul, Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T., IPU menekankan pentingnya kegiatan MBKM untuk dijalankan di prodi-prodi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Berbagai program yang dapat dilakukan seperti magang, praktisi mengajar, pertukaran pelajar, dan lainnya akan bisa terlaksana apabila prodi menjalin Kerjasama dan membangun jejaring yang baik dengan pihak eksternal. Salah satu pihak eksternal yang penting bermitra dengan institusi pendidikan adalah Asosiasi Profesi. Beliau menekankan agar Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dapat sering hadir dalam kegiatan di kampus, dan sebaliknya pihak Prodi Arsitektur juga sering berkolaborasi dengan pihak IAI.


Pemateri pertama Kuliah Umum LAKARA 1.0 adalah Bapak Ar. Wahyullah Bandung, S.T., M.Si, IAI yang merupakan Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Timur. Beliau menekankan proses yang harus ditempuh oleh seseorang agar dapat berpraktik secara professional sebagai arsitek. Sarjana arsitektur harus menempuh Program Profesi Arsitek (PPAr) atau magang sebelum mendapatkan sertifikasi Arsitek Profesional. Pemateri kedua, ibu Tiffany P. Bleszynski, S.T., S.Arch. dari Misesa Studio menyampaikan tema kewirausahaan khususnya di dunia arsitektur. Beliau berbagi pengalaman khususnya ketika membentuk studio yang saat ini ditekuni dengan beberapa rekan sesama arsitek.


Penganugerahan Top Notch Ribbon yang digelar di akhir acara merupakan ‘kultur’ khas yang dibangun oleh Prodi Arsitektur Unmul untuk menanamkan jiwa kompetitif dan semangat untuk mengapresiasi suatu karya arsitektur. Prosesi ini sangat unik dan tidak ditemui di Prodi lainnya. Para mahasiswa yang berhasil memperoleh Top Notch Ribbon akan mendapatkan plakat penghargaan, sertifikat, dan reward berupa hadiah. Pengaugerahan ini dilakukan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Unmul bapak Prof. Dr. Ir. H. Tamrin, S.T., M.T., Koordinator Program Studi Arsitektur Unmul, bapak Ir. Pandu K. Utomo, S.T., M.Sc., IPM, para Pemateri kuliah umum LAKARA 1.0, dan Team Teaching mata kuliah Konstruksi Bangunan yaitu ibu Ir. Dharwati P. Sari, S.T., M.T., M,Sc., ibu Anisah Azizah, S.T., M.T., dan ibu Indra Ariani, S.T., M.Eng. Berikut ini daftar nama penerima Top Notch Ribbon periode semester gasal 2022:

Mahasiswa terbaik mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 2 (SPA2):

Peringkat 1: Muhammad Daffa Resaldy, dengan skor 86.74

Peringkat 2: Zahira Qatrunnada, dengan skor 84.26

Peringkat 3: Sri Wahyuni, dengan skor 84.11

Mahasiswa terbaik mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 4 (SPA4)

Peringkat 1: Muhammad Aminullah, dengan skor 82.26

Peringkat 2: Marina Ratna Dilla, dengan skor 82.10

Peringkat 3: Nurhidayah, dengan skor 80.78

Kelompok terbaik mata kuliah Konstruksi Bangunan 2 (KB2)

Peringkat 1: Kelompok 2, dengan skor 88.00

Peringkat 2: Kelompok 7, dengan skor 85.08

Peringkat 3: Kelompok 3, dengan skor 82.33

Kelompok terbaik mata kuliah Konstruksi Bangunan 4 (KB4)

Peringkat 1: Kelompok 2, dengan skor 85.33

Peringkat 2: Kelompok 1, dengan skor 82.33

Acara LAKARA 1.0 ditutup oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Keuangan, dan Alumni FT Unmul. Beliau berpesan agar acara semacam ini dapat diselenggarakan secara rutin karena sangat besar manfaatnya bagi mahasiswa. Selain itu, dengan kegiatan kuliah umum maupun penghargaan seperti pada LAKARA 1.0 ini, akan menstimulus mahasiswa untuk lebih bersemangat dalam menempuh pendidikannya di Prodi Arsitektur. 



Posted On: 2022-12-12


Agenda
06
October
Thursday, 06 October 2022
Agenda Seminar Nasional K3
27
April
11
September
Saturday, 11 September 2021
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH