Pengembangan pendidikan bidang ilmu Teknik sudah dimulai sejak awal berdirinya Universitas Mulawarman yaitu dengan adanya Fakultas Pertambangan berdasarkan Keputusan Presiden R.I. No. 130 tanggal 27 September 1962.Fakultas Pertambangan berkedudukan di  Balikpapan, sehingga dalam perjalanannya fakultas tersebut kemudian ditutup karena adanya kesulitan koordinasi dan penyediaan sumber daya.

        Usaha pengembangan pendidikan bidang ilmu teknik dilanjutkan pada tahun 90-an dengan dimasukkannya kembali dalam Rencana Pengembangan dan Rencana Strategis Universitas Mulawarman. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan mempersiapkan tenaga pengajar bidang ilmu teknik, dimana pada tahun 1995 diterima beberapa orang dosen (PNS), diantaranya:

  1. Ir. Dharma Widada, M.T.
  2. Ir. Masayu Widiastuti
  3. Muhammad Dahlan Balfas, S.T.
  4. Ir. Sakdillah
  5. Ir. Agustinus Sallo
  6. Ir. Harjuni
  7. Ir. Adi Uzaimi Winaswangusti, dan

        Penerimaan tenaga pengajar berikutnya dilakukan melalui Program Karyasiswa[1], dimana pada tahun 1998 diterima sebanyak tiga orang Karyasiswa (batch 1) dan tahun 1999 diterima sebanyak 11 orang Karyasiswa (batch 2).  Upaya pembukaan program studi bidang ilmu keteknikan dilakukan oleh suatu Tim Studi Kelayakan Pembukaan  Program  Studi Keteknikan yang diketuai oleh Ir. Dharma Widada, M.T.  Sebagai langkah awal, tim tersebut mengajukan usulan pembukaan  Program Studi Teknik Pertambangan jalur profesional (vokasional) jenjang Diploma 3 ke Ditjen Dikti Depdiknas RI dengan memberdayakan sumber daya yang dimiliki UNMUL (secararesources sharing) dan bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah dan kalangan industri/swasta pertambangan di Kalimantan Timur.

 Upaya tersebut membuahkan hasil dengan terbitnya SK Dirjen Dikti Depdiknas No. 147/DIKTI/Kep/1999 Tanggal 19 April 1999 untuk pembukaan Program Studi Diploma 3 Teknik Pertambangan di Universitas Mulawarman. Untuk menyelenggarakan program studi tersebut, dibentuklah unit pelaksana pendidikan Program Studi Diploma 3 Teknik Pertambangan berdasarkan SK RektorUNMULNo. 145/KP/1999 tanggal 15 Juli 1999 dengan pengelola:

§ Ketua                                                                                      : Ir. Dharma Widada, M.T.

§ Pembantu Ketua Bidang Akademik                     : Muhammad Dahlan Balfas, S.T.

§ Pembantu Ketua Bid. Adm & Keuangan           : Ir. Agustinus Sallo

§ Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan     : Ir. Masayu Widiastuti

 

Pengembangan pendidikan bidang ilmu teknik/rekayasa selanjutnya adalah merintis pendidikan jalur akademik jenjang Sarjana (S1) melalui usulan kepada Dirjen Dikti Depdiknas untuk pembukaan Program Program Studi S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Lingkungan.

 Pada tahun 2003, terbit keputusan Dirjen DIKTI Depdiknas No. 1192/D/T/2003 Tanggal 11 Juni 2003 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Pertambangan.

 Rektor UNMUL kemudian menindak lanjuti dengan membentuk Unit Pelaksana (UP.) Fakultas Teknik Universitas Mulawarman (SK RektorNo. 215/PP/2003 Tanggal 29 Agustus 2003 dan diperbaharui dengan SK Rektor No. 255/DT/2007 Tanggal 11 Juli 2007). Saat itu pengelola Program Studi Diploma 3 Teknik Pertambangan masih terpisah dengan pengelola UP. Fakultas Teknik.

 Pengurus UP. Fakultas Teknik UNMUL terdiri atas:

§ Ketua                                                                                  : Ir. H. Dharma Widada, M.T.

§ Pembantu Ketua Bidang  Akademik                 : Muhammad Dahlan Balfas, S.T.,M.T.

§ Pembantu Ketua Bid. Adm & Keuangan         : Fatkhul Hani Rumawan, S.T., M.T.

§ Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan   : Fachriza Noor Abdi, S.T., M.T.

 

Pada 2004, RektorUNMUL mengeluarkan kebijakan melalui SK RektorNo. 17/PP/2004 Tanggal 14 Januari 2004 tentang Penggabungan Program Studi D3 Teknik Pertambangan pada UP. Fakultas Teknik. Pada tahun yang sama, terbit Keputusan Dirjen DIKTI Depdiknas No. 2051/D/T/2004 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Lingkungan.

 Sebagai langkah pengembangan organisasi, maka UP. Fakultas Teknik kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Teknik berdasarkan Surat Persetujuan Dirjen Dikti Kemendiknas  No. 2880/D/T/2007 tanggal 27 September 2007[2].

Susunan Unsur Pimpinan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman saat itu adalah :

§ Dekan                                                                                 : Ir. H. Dharma Widada, M.T.

§ Pembantu Dekan Bidang Akademik                : Muhammad Dahlan Balfas, S.T,M.T.

§ Pembantu Dekan Bid. Adm. & Keuangan      : Fatkhul Hani Rumawan, S.T, M.T.

§ Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan   : Fachriza Noor Abdi, S.T., M.T.

 

        Pengembangan program studi jalur akademik jenjang sarjana terus dilakukan,dimana pada 2010 Program Studi S1 Teknik Kimia mulai menerima mahasiswa baru setelah terbit Keputusan Mendiknas R.I. No. 28/D/O/2010 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Kimia.

     Selanjutnya, pada 2014 terbit SK Mendikbud R.I. No. 313/E/O/2014 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Program Studi S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, dan S1 Arsitektur, serta D3 Petro & Oleo Kimia dan D3 Survei & Pemetaan. Maka mulai tahun 2014 tersebut untuk Program Studi S1 Teknik Geologi dan S1 Teknik Elektro mulai menerima mahasiswa baru namun untuk Program Studi S1 Teknik Mesin dan S1 Arsitektur serta D3 Petro &Oleo kimia dan D3 Survei & Pemetaan belum menerima mahasiswa.

     Saat ini Fakultas Teknik Universitas Mulawarman telah memiliki izin untuk menyelenggarakan program studi Teknik yang terdiriatas:

A.        Program Akademik:

1.    S1 Teknik Sipil

2.    S1 Teknik Industri

3.    S1 Teknik Pertambangan

4.    S1 Teknik Lingkungan

5.    S1 Teknik Kimia

6.    S1 Teknik Geologi

7.    S1 Teknik Elektro

8.    S1 Teknik Mesin (belum menerima mahasiswa)

9.    S1 Arsitektur (belum menerima mahasiswa)

10. S1 Informatika

11. S1 Sistem Informasi

 

B.        Program Vokasional:

1.    D3 Teknik Pertambangan

2.    D3 Petro & Oleo kimia (belum menerima mahasiswa)

3.    D3 Survei & Pemetaan (belum menerima mahasiswa)



[1]calon dosen yang diberikan kesempatan langsung mengikuti pendidikan Pascasarjana

[2]tanggal ini dijadikan sebagai hari jadi/dies natalis Fakultas Teknik


About Us


Agenda
30
September
11
August
29
July
Wednesday, 29 July 2020
Webinar Electrical Fair