Profil Fakultas Teknik Universitas Mulawarman

Home

Pengembangan pendidikan bidang ilmu teknik di Universitas Mulawarman sudah dimulai sejak awal berdirinya Universitas Mulawarman yaitu dengan adanya Fakultas Pertambangan berdasarkan SK Menteri No. 130 tanggal 28 September 1962 yang berkedudukan di Balikpapan. Namun dalam perjalanannya, fakultas tersebut kemudian ditutup karena adanya kesulitan dalam hal koordinasi dan penyediaan sumber daya.


Usaha pengembangan pendidikan bidang ilmu teknik selanjutnya terus dilakukan dan pada tahun 90-an dimasukan kembali dalam Rencana Pengembangan Universitas Mulawarman dan Rencana Strategis Universitas Mulawarman.Salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh Universitas Mulawarman adalah dengan mulai mempersiapkan tenaga pengajar bidang ilmu teknik, dimana pada tahun 1995 diterima beberapa orang dosen (sebagai PNS).
Perintisan Pendidikan bidang ilmu teknik selanjutnya dilakukan dengan mengusulkan pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan pada Ditjen Dikti Depdiknas. Untuk melaksanakan kebijakan tersebut dibentuk Tim Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan, dimana bertindak sebagai Pelindung Prof. Dr. Drs. H. Yunus Rasyid, MA (Rektor) dan sebagai Penanggungjawab Prof. Dr. Ir. Riyanto, M.Sc (Pembantu Rektor I), serta sebagai Ketua Tim Ir. Dharma Widada, MT.


Berbarengan dengan pengusulan pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan tersebut, maka usaha pengembangan pendidikan bidang ilmu teknik terus dilakukan dengan penerimaan tenaga pengajar berkualifikasi teknik melalui program Karyasiswa (calon dosen yang diberikan kesempatan langsung mengikuti pendidikan Pascasarjana/S2). Pada tahun 1998 diterima sebanyak tiga orang Karyasiswa dan tahun 1999 diterima sebanyak 11 orang Karyasiswa.
Pada tahun 1999 berdasarkan SK DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS Nomor 147/DIKTI/Kep/1999 Tanggal 19 April 1999, Program Studi Diploma III Teknik Pertambangan dibuka di Universitas Mulawarman. Kemudian berdasarkan SK REKTOR UNMUL Nomor 145/KP/1999 tanggal 15 Juli 1999 dibentuklah Unit Pelaksana Pendidikan Program Studi Diploma 3 Teknik Pertambangan pada Universitas Mulawarman dengan Struktur Organisasi Periode I saat itu adalah :

1.

Ketua

: Ir. Dharma Widada, MT

2.

Pembantu Ketua Bidang Akademik

: Muh. Dahlan Balfas, ST

3.

Pembantu Ketua Bidang Adm. Dan Keuangan

: Ir. Agustinus Sallo

4.

Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan

: Ir. Masayu Widiastuti

Sesuai dengan Rencana Strategis Universitas Mulawarman, pengembangan pendidikan program studi keteknikan selanjutnya adalah merintis pendidikan bidang ilmu teknik strata Sarjana (S1). Untuk melaksanakan kebijakan ini, Universitas Mulawarman pada tahun 2001 membentuk Tim Pembukaan Program Studi S1 Teknik dengan Pelindung Prof. Ir. H. Rachmad Hernadi, M.Sc. (Rektor), Penanggungjawab Prof. Dr. Ir. H. Ach. Ariffien Bratawinata, M.Agr. (Pembantu Rektor I), dan sebagai Ketua Tim Ir. Dharma Widada, MT.


Pada tahun 2003, keluarlah Ketetapan Dirjen DIKTI Depdiknas Nomor 1192/D/T/2003 Tanggal 11 Juni 2003 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Pertambangan.
Rektor Universitas Mulawarman kemudian menindaklanjuti dengan membentuk Unit Pelaksana Pendidikan yang melaksanakan program studi bidang ilmu teknik yaitu Unit Pelaksana Fakultas Teknik (SK REKTOR Nomor 215/PP/2003 Tanggal 29 Agustus 2003 dan diperbaharui dengan SK REKTOR Nomor 255/DT/2007 Tanggal 11 Juli 2007 tentang pembukaan Unit Pelaksana Fakultas Teknik Universitas Mulawarman) dan SK REKTOR Nomor 17/PP/2004 Tanggal 14 Januari 2004 tentang Penggabungan PS. D3 Teknik Pertambangan pada UP. Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.


Pada tahun 2004, terbit Ketetapan Dirjen DIKTI Depdiknas Nomor 2051/D/T/2004 tentang Ijin Penyelenggaraan PS. S1 Teknik Lingkungan.
Unit Pelaksana Fakultas Teknik kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Teknik berdasarkan Surat Persetujuan Dirjen Dikti Kemendiknas No. 2880/D/T/2007 tanggal 27 September 2007. Susunan Unsur Pimpinan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Periode I adalah :

1.

Dekan

: Ir. H. Dharma Widada, MT.

2.

Pembantu Dekan Bidang Akademik

: M. Dahlan Balfas, ST, MT.

3.

Pembantu Dekan Bidang Adm. & Keuangan

: Fatkhul Hani R., ST, MT.

4.

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan

: Fachriza Noor A., ST, MT.

Pada tahun 2010, terbit Keputusan Mendiknas Nomor 28/D/O/2010 tentang Ijin Penyelenggaraan PS. S1 Teknik Kimia.Dengan demikian, saat ini Fakultas Teknik Universitas Mulawarman menyelenggarakan pendidikan :
1.       PS. S1 Teknik Sipil
2.       PS. S1 Teknik Industri
3.       PS. S1 Teknik Lingkungan
4.       PS. S1 Teknik Kimia
5.       PS. S1 Teknik Pertambangan
6.       PS. D3 Teknik Pertambangan
Ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman pada tahun 2010 adalah sebagai berikut:

1.

Ketua PS. S1 Teknik Sipil

: Budi Haryanto, ST., MT

2.

Ketua PS. S1 Teknik Industri

: La Ode A. Safar, ST, MT

3.

Ketua PS. S1 Teknik Lingkungan

: Henny Magdalena, ST.MT.

4.

Ketua PS. S1 Teknik Kimia

: Abdul Kahar, ST, M.Si.

5.

Ketua PS. S1 & D3 Tek. Pertambangan

: Agus Winarno, ST, MT

ISO 9001 : 2008

Fakultas Teknik Universitas Mulawarman satu-satunya Fakultas di Lingkungan Universitas Mulawarman yang telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001 : 2008

Fakultas Teknik Unmul