PS PPI FT UNMUL Kukuhkan 108 Insinyur

Bertempat di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Minggu, (19/03), Fakultas Teknik (FT), Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Program Studi (PS) Program Profesi Insinyur (PPI) menggelar Pelantikan dan Sumpah Profesi Insinyur.

Dekan FT UNMUL,  Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T., IPU menyampaikan, sebanyak  108 orang dilantik sekaligus diambil sumpahnya sebagai Insinyur pada angkatan ke VII ini. Dengan latar belakang lulusan sebutnya, sebanyak 33 persen dari unsur dosen, 24 persen ASN juga 43 persen dari pihak swasta dan praktisi.

“Asal peserta lulusan terdiri dari 55 persen dari Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan 45 persen berasal dari luar Provinsi Kalimantan Timur. Sementara pada malam ini peserta yang mengikuti kegiatan secara langsung atau offline sejumlah 63 orang dari angkatan ketujuh dan satu orang dari angkatan enam. Selain itu, secara online orang ada 45 orang peserta,” jelasnya.

Secara keseluruhan disampaikan Dekan, Program Studi Program Profesi Insinyur FT UNMUL sejak tahun 2019 melalui kelas rekognisi pembelajaran lampau telah meluluskan sebanyak 643 lulusan.

Dimana di pelantikan dan sumpah profesi kali ini tambahnya, terdapat pula lulusan yang menjabat sebagai Asisten III Kota Balikpapan, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Dekan FT Universitas Mataram (UNRAM), juga Wakil Dekan I dan II, FT Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED).

Meski baru berdiri sejak tahun 2019, Dekan FT UNMUL menyatakan, Program Studi ini telah mendapatkan akreditasi B melalui asesmen yang cukup panjang. “Kami berharap ke depan, PS PPI FT UNMUL ini dapat terus berkembang,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir. Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU., APEC Eng., ACPE mengemukakan, jumlah lulusan yang dihasilkan FT UNMUL dari Program Studi Program Profesi Insinyur sudah sangat baik. Dengan grafik yang terus meningkat dari tahun ke tahun jelasnya, menunjukan komitmen yang kuat dari UNMUL untuk mendukung atau melaksanakan undang – undang keinsinyuran.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk Pak Rektor, Dekan dan Kaprodi serta seluruh peserta atas upaya yang keras, sehingga PS PPI berjalan semakin baik, meningkat kuantitas dan kualitasnya. UNMUL sebagai mitra strategis PII,” serunya.

“Mari kita terus belajar, bekerja keras dan kolaborasi, mengasah kemampuan IPTEK untuk meningkatkan kapasitas keinsinyuran kita. Mohon diakuisisi terus pengetahuan dan pengalaman lapangan serta menjaga profesionalisme,” pesannya saat menutup sambutan.

Sedangkan Rektor UNMUL berpesan, komitmen semangat pada peminatan keinsinyuran dapat terus meningkat. Begitu pula tuturnya, bagi para lulusan insinyur pada peningkatan daya saing secara global yang memiliki integritas tinggi serta komitmen secara pribadi juga untuk PII secara lembaga.

“Kita komitmen dan berintegritas pula untuk pembangunan bangsa dan negara. Dengan potensi Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur seiring pecepatan dan akselerasi perlu didukung oleh semua pihak khususnya profesi insinyur Indonesia,” harap Dr. Ir. H. Abdunnur, M,Si., IPU. (hms/frn)

 

Foto: Fakultas Teknik UNMUL  
Sumber : www.unmul.ac.id


Post By: Muh. Jamil, On: 2023-03-29

Agenda
06
October
Thursday, 06 October 2022
Agenda Seminar Nasional K3
27
April
11
September
Saturday, 11 September 2021
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH